Download File Akreditasi PAUD Beserta File Lainnya

Download File Akreditasi PAUD Beserta File Lainnya

Sekilas Mengenai Akreditasi PAUD 

Download File Akreditasi PAUD Beserta File Lainnya. Siapa yang tak ingin apabila sekolahnya telah melakukan akreditasi. Akreditasi merupakan cita-cita atau impian yang dimiliki oleh tiap-tiap sekolah yang belum pernah melakukan akreditasi. Akreditai ini merupakan sebuah pengakuan terhadap sekolah tersebut untuk meningkatkan kredibilitas atau nilai jual sekolah tersebut kepada masyarakat yang menyekolahkan anak-anak mereka terhadap sekolah tersebut. Pada pengertian mengenai Akreditasi ialah kegiatan penilaian terhadap kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang bersifat terbuka (UU RI No. 20/2003). 

Tentunya tanpa usaha untuk melakukan akreditasi itu menjadi hal yang tidak mungkin. Perumpamaan untuk zaman sekarang itu bukan lagi menunggu bola, tapi seharusnya menjemput bola. Kita yang diberikan akses khusus atau dipercaya oleh sekolah tersebut untuk mencari sesuatu yang berguna bagi sekolah kita, kita senantiasa mencari informasi terhadap orang-orang atau lembaga lainnya. 
Download File Akreditasi PAUD Beserta File Lainnya

Manfaat Akreditasi

Begitu besar manfaat yang akan dirasakan oleh sekolah tersebut apabila telah melakukan akreditasi. Manfaat-manfaat tersebut antara lain bisa dikatakan sebagai berikut ini : 
  • Seperti yang saya katakan pada awal paragraf di atas, Akreditasi dapat meningkatkan mutu program dan satuan
  • Selain itu dapat juga memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi sebagai umpan balik dalam upaya memberdayakan dan mengembangkan kinerja sekolah tersebut
  • Dapat mendorong sekolah tersebut sehingga selalu berupaya meningkatkan mutu program dan lembaganya yang terencana, bertahap, kompetitif di tingkat kabupaten/kota, propinsi, regional, nasional, bahkan internasional;
  • Selain itu juga sekolah yang telah melakukan akreditasi bisa mendapatkan sebuah informasi atau sebuah data yang handal dan akurat.

Apa Persyaratan Akreditasi itu ?

Untuk yang masih bingung mengenai persyaratan akreditasi, silahkan anda baca di bawah ini yang telah saya uraikan menjadi kalimat yang singkat, antara lain sebagai berikut ini :
  • Sudah mendapatkan izin operasional / izin penyelenggaraan
  • Sudah melakukan kegiatan belajar dengan waktu minimal 1 tahun setelah mendapat izin Kemendiknas.
  • Setelah anda mendapatkan izin operasional atau izin penyelenggaraan, selanjutnya anda bisa mengajukan permohonan untuk diakreditasi kepada BAN PNF.

   
Baca juga : Proposal Izin Perpanjangan Operasional Paud

Bagi yang kesulitan mencari bahan untuk persiapan Akreditasi jenjang Paud, anda dapat mendownload file tersebut di bawah postingan ini. Semoga informasi yang saya bagikan ini dapat bermanfaat. Amiin

Subscribe to receive free email updates: